Kegunaan Dan Faedah Mempelajari Sejarah

 apa tujuan dan fungsi mempelajari sejarah Kegunaan Dan Manfaat Mempelajari Sejarahsejarah bermakna yang penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Apa saja Kegunaan dan Manfaat Mempelajari Sejarah Bagi Kehidupan Manusia?

1. Kegunaan Edukatif (memberi pelajaran)

Mempelajari sejarah berarti mencar ilmu dari pengalaman yang pernah dilaksanakan masyarakat, baik pada masa sekarang atau penduduk sebelumnya. Keberhasilan di masa lalu akan sanggup memberi pengalaman pada masa sekarang. Sebaliknya, kesalahan penduduk di masa lalu akan menjadi pelajaran bermanfaat yang mesti diwaspadai di masa kini. 

Dengan mempelajari sejarah, orang sanggup mendapatkan aturan yang menguasai kehidupan manusia, bahkan dengan mencar ilmu sejarah kita sanggup berbuat bijaksana untuk menghadapi masa depan (ingat mencar ilmu sejarah akan bijaksana lebih dahulu). Oleh lantaran itu, belajarlah dari sejarah lantaran sejarah sanggup mengajarkan kita apa yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 

Contoh:  Keberhasilan Kerajaan Majapahit akan memberi pelajaran bagi penduduk kini untuk melakukan pekerjaan keras, bersatu dalam satu tujuan untuk meraih penduduk adil makmur. Sebaliknya, perang kerabat memicu kehabisan negara yang kesannya meruntuhkan Majapahit (ingat Perang Paregreg di Majapahit).

2. Sejarah berkhasiat menampilkan inspirasi (ilham terhadap kita)

Berbagai cerita sejarah yang terjadi menampilkan inspirasi (ilham). Misalnya, Pangeran Diponegoro berupaya melawan dengan tata cara gerilya terhadap pasukan Jenderal De Kock, dan selama 5 tahun ia sukses memorak-porandakan pihak Belanda. Begitu juga usaha rakyat Indonesia dalam gerakan nasional yang ditandai lahirnya Budi Utomo menampilkan inspirasi bagi kita untuk hidup kreatif, bersatu, dan senantiasa memprioritaskan persatuan untuk tercapainya Indonesia merdeka. Sikap rela berkorban demi persatuan dan berjuang tanpa pamrih sudah ditunjukkan oleh para tokoh organisasi pergerakan nasional Indonesia. 

Bangsa Indonesia sudah memasuki kebangkitan nasional yang kedua berupaya mengejar-ngejar ketinggalan dalam masa globalisasi ilmu dan teknologi, sebuah masa di mana kita mesti mengembangkan persatuan serta patriotisme untuk menenteng bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik dari masa sekarang.

3. Sejarah sanggup berkhasiat selaku rekreatif 

Sejarah sanggup menampilkan kesenangan dan rasa estetis lantaran penulisan sejarah bisa menawan pembaca berekreasi tanpa beranjak dari tempat. Kita sanggup menyaksikan peristiwa- insiden yang sudah lampau dan jauh terjadinya. Kita seperti mengelilingi negeri jauh dan menyaksikan insiden yang terjadi pada masa lampau, 

misalnya, pembangunan Taman Bergantung di Babilonia atau Taj Mahal di Agra India. Kita sanggup menyaksikan keindahan dan kecanggihan penduduk pada waktu itu. Maka lewat kegunaan rekreatif ini akan mendorong penduduk untuk maju dan lebih terbuka, sanggup bergaul dengan siapa pun, menyenangi ilmu dan teknologi, disiplin, melakukan pekerjaan keras, menghormati hukum, inovatif, produktif, serta mau melakukan pekerjaan sama untuk meraih kesempatan bangsa.

Proses wisata terhadap aneka macam insiden di masa lalu memungkinkan orang untuk bercermin diri. Orang yang maju niscaya akan lebih dinamis alasannya yaitu menyaksikan adanya masa depan yang cerah yang didasarkan pada pengalaman masa kemudian yang indah dan menarik.

Sejarah itu penting dan berguna. Orang tidak akan mempelajari sejarah jikalau tidak ada gunanya. Kenyataan bahwa sejarah terus ditulis orang di semua peradaban dan disepanjang waktu.

Comments

Popular posts from this blog

Jejak Sejarah Seni Wayang Wong Surakarta

Koleksi Mainan LOL Surprise yang Menarik

Cara Mengecek Indosat Masih Aktif atau Sudah Kadaluarsa