Pengertian Definisi Sejarah

 merupakan insiden yang terjadi pada masa lalu yang   disusun menurut  peninggalan Pengertian Definisi SejarahSejarah merupakan insiden yang terjadi pada masa lalu yang disusun menurut peninggalan-peninggalan banyak sekali peristiwa. Peninggalan peninggalan itu disebut sumber sejarah.

Sejarah Dalam bahasa Inggris. 

Dalam bahsa Inggris kata sejarah disebut history, artinya masa lampau; masa lalu umat manusia. 

Sejarah Dalam bahasa Arab.

Dalam bahasa Arab kata sejarah disebut sajaratun (syajaroh), artinya pohon dan keturunan. Jika kita membaca silsilah raja-raja akan terlihat seumpama gambar pohon dari sederhana dan bermetamorfosis besar, maka sejarah mampu diartikan silsilah keturunan raja-raja yang bermakna insiden pemerintahan keluarga raja pada masa lampau.

Sejarah Dalam bahasa Yunani. 

Dalam bahasa Yunani kata sejarah disebut istoria, yang bermakna belajar. Jadi, sejarah merupakan ilmu wawasan yang mempelajari segala peristiwa, insiden yang terjadi pada masa lalu dalam kehidupan umat manusia.

Sejarah Dalam bahasa Jerman. 

Dalam bahsa Jerman kata sejarah disebut  geschichte yang artinya sesuatu yang sudah terjadi, sesuatu yang sudah terjadi pada masa lalu dalam kehidupan umat manusia. 

Sejarah menurut Sartono Kartodirdjo, sejarah merupakan rekonstruksi masa lalu atau insiden yang terjadi pada masa lampau.

3 Aspek dalam Ilmu sejarah 

Aspek yang dimaksud yakni masa lampau, masa kini, dan masa yang hendak datang. Masa lampau dijadikan titik tolak untuk masa yang hendak tiba sehingga sejarah mengandung pelajaran tentang nilai dan moral. 

Peristiwa yang terjadi pada masa lalu akan memberi kita citra tentang kehidupan insan dan kebudayaannya di masa lalu sehingga sanggup merumuskan kekerabatan alasannya merupakan akhir mengapa sebuah insiden sanggup terjadi dalam kehidupan tersebut, meskipun belum pasti setiap insiden atau insiden akan tercatat dalam sejarah.

Pada masa kini, sejarah akan sanggup dimengerti oleh generasi penerus dari penduduk yang terdahulu selaku sebuah cermin untuk menuju pertumbuhan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Sejarah terus berkelanjutan sehingga merupakan rentang insiden yang panjang. Oleh lantaran itu, sejarah meliputi masa kemudian yang dilukiskan menurut urutan waktu (kronologis); ada keterkaitannya dengan alasannya merupakan akibat; kebenarannya bersifat subjektif alasannya merupakan masih perladanya observasi lebih lanjut untuk mencari kebenaran yang hakiki; insiden sejarah menyangkut masa lampau, masakini, dan masa yang hendak datang.

Comments

Popular posts from this blog

Jejak Sejarah Seni Wayang Wong Surakarta

Koleksi Mainan LOL Surprise yang Menarik

Cara Mengecek Indosat Masih Aktif atau Sudah Kadaluarsa