Profil Jonru Ginting, Sosok Trending Dunia Maya

Jika anda memiliki akun Facebook, niscaya anda tidak gila lagi dengan Nama Jonru.  Jonru merupakan nama yang popularitasnya melonjak tinggi akhir-akhir ini. Kepopulerannya makin melejit tatkala Indonesia menggelar Pemilu Capres-Cawapres 2014 sementara waktu lalu. Kepopulerannya di facebook tidak terlepas dari status-status berbau kritik terhadap penguasa yang memanggil pro dan kontra darinya. 

Status atau pun postingan di fanpage Jonru yang bernada kritik ini cepat menyebar di golongan pengguna facebook, maklum fanpage yang dikontrol Jonru cukup terkenal dengan penggemar sekitar 300.000 lebih. (tepanya 385.114 pada dikala goresan pena ini kami publish).

Selain di fanpage, anda juga bisa menemui Jonru dari blog yang beralamatkan di jonru.com dan jonru[.]wordpress[.]com. Dalam pengakuannya, blog yang beralamatkan  di Jonru[.]com bisa terkenal dalam jajaran blog ber-platform wordpress cuma selang tiga hari sejak blog itu dibangun.  Kenapa secepat itu dapat popular cuma dalam 3 hari? Ini ia testimoni dari si pemilik. Baca >> /jonru-com-berhasil-jadi-blog-terpopuler-di-wordpress-hanya-dalam-waktu-3-hari-setelah-dibangun/

Lalu Siapakah Jonru sebenarnya?


Jonru bukanlah merek jualan atau nama fiktif akun SOSMED layaknya TrioMacan yang ada di dunia maya. Dia ada dan nyata. Jonru merupakan Pria berkewarganegaraan Indonesia.

 niscaya anda tidak gila lagi dengan Nama  Profil Jonru Ginting, Sosok Trending Dunia Maya 

Namanya merupakan Jon Riah Ukur Ginting. Karena kurang PeDe (menurut testimoni si pemilik nama), maka digunakanlah nama Jonru selaku nama akrabnya. Perihal nama yang dimiliki, Jonru memiliki cerita yang cukup unik.  ketika lahir, Jonru diberi nama yang cukup panjang, yaitu Belnatal Jon Riah Ukur Ginting. Nama "Belnatal" diberikan sebab dikala itu suster yang menolong kelahiran Jonru sedang merayakan Natal. sehabis masuk Islam, namanya dipersingkat menjadi Jon Riah Ukur Ginting.

Pada waktu tamat SD, guru Jonru lupa mencantumkan marga Ginting pada ijazah. Bahkan unsur "Jon" dan "Riah" digabung tanpa spasi. Sehingga secara resmi nama yang ada di dokumen-dokumen aturan merupakan Jonriah Ukur.

Jonru lahir di Kabanjahe, Sumatera Utara.  Pada tahun 1978 pindah ke Binjai (masih Sumatera Utara), sampai lulus SMA. Kemudian melanjutkan kuliah di Undip Semarang. Sempat tinggal di Bandung ikut abang yang menetap di sana. Sejak tahun 2000 sampai sekarang, Jonru menetap di Jakarta.

Dalam hal keyakinan, Jonru memiliki perjalanan spiritual yang mendasar dalam dirinya, Dia terlahir Kristen, tetapi kini bareng Tarbiyah. Mengenai perpindahan dogma yang dianut Jonru, memang lewat proses panjang. Tahun 1975, keluarga Jonru masuk Islam. Ketika itu Jonru masih berusia 5 tahun, jadi masuk Islam cuma ikut orang tua. Sejak kuliah ia bertahap mulai menggeluti Islam. Mulai memperbaiki ibadah dan pada tahun 2003, Jonru mulai ikut tarbiyah.

Jonru merupakan seorang penulis. Jonru mulai menggeluti secara serius menulis sejak tahun 1990. Eksistensi Jonru pun kian menanjak dari tahun ke tahun. Banyak karya-karyanya diangkut di aneka macam majalah. Dari situs dapurbuku[.]com yang kami lansir, kami mendapatkan isu secara detail  perihal keberadaan karir Jonru.

Dibawah ini selengkapnya: 

Jonru merupakan founder PenulisLepas.com, dan penggerak kursus menulis via internet di Indonesia (SekolahMenulisOnlin.com).

Penulis kelahiran 7 Desember 1970 ini mulai menulis sejak masih SD. Ketika itu, beberapa puisi serta cerpennya diangkut di harian Sinar Indonesia Baru (Medan) dan Sinar Pagi (Jakarta). Sejak 1990, ia mulai menggeluti dunia penulisan secara lebih serius.

Tahun 1993 suatu puisinya (berbahasa Inggris) diangkut di majalah Hello (Semarang). Cerpen-cerpennya juga diangkut di aneka macam majalah remaja, seumpama Anita Cemerlang, Aneka Ria, dan Ceria Remaja. Di tahun 1994 ia menjadi Juara Pertama Lomba Cipta Cerpen Remaja yang diselenggarakan oleh majalah Anita Cemerlang.

Sejak tahun 1992, Jonru mulai menggeluti dunia jurnalistik, khususnya sejak aktif menjadi pengurus pers kampus, khususnya di EDENTS (majalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro) dan MANUNGGAL (koran kampus Universitas Diponegoro). Jabatan terakhirnya merupakan Redaktur Pelaksana EDENTS (1995) dan Redaktur Pelaksana MANUNGGAL (1998).

Di tahun 1995 ia diangkat menjadi koresponden majalah Anita Cemerlang untuk kawasan Semarang dan sekitarnya. Selain itu, tahun 1997 ia pernah terlibat selaku anggota tim edisi percobaan harian Berita Kita (Semarang). Koran ini kesudahannya tidak jadi terbit sebab argumentasi krisis moneter.

Sejak Maret 2000 sampai Maret 2007, Jonru melakukan pekerjaan selaku content editor di Uninet Internet dan CBN Internet. Kini, ia menjadi penulis lepas dan menggeluti dunia wirausaha.

Sejak tahun 1996, boleh dibilang Jonru vakum dalam penulisan cerpen remaja. Namun sejak permulaan tahun 2004, ia bangun lagi di bidang penulisan fiksi, ditandai dengan bergabungnya ia di Forum Lingkar Pena (FLP). Kini, ia diandalkan selaku anggota Divisi Humas di FLP Pusat.

Saat ini, Jonru sudah mempublikasikan 6 buku, yaitu novel Cinta Tak Terlerai (DAR! Mizan, Maret 2005), kumpulan cerpen Cowok di Seberang Jendela (Lingkar Pena Publishing House, Mei 2005), buku nonfiksi Menerbitkan Buku Itu Gampang! (Tiga Serangkai, Oktober 2008), nonfiksi Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat (PenulisLepas.com Publishing House, November 2009 dan Dapur Buku 2012), Sekuler Loe Gue End (Dapur Buku 2012), dan Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis (Dapur Buku 2012).

Karya-karya Jonru yang lain juga timbul dalam aneka macam antologi bersama, seumpama Addicted 2U (Lingkar Pena Publishing House, 2005), Kisah Kasih dari Negeri Pengantin (Lingkar Pena Publishing House, Mei 2005), 17 Tahun (FBA Press), Episode Kelam Feli (MU3 Books), dan beberapa buku lainnya.

Dalam beberapa keterangan menyebutkan bahwa Jonru selain menjadi seorang penulis, ia juga seorang kader parpol PKS. 

Status atau pun ucapan Jonru di dunia maya yang bernada kritikan tak pelak memunculkan pro dan kontra.  Banyak golongan yang menganggap sosok Jonru merupakan sosok kontroversial di sosial media. Banyak yang memaki bahkan tidak sedikit juga yang menyanjung atas keberanian Jonru dalam mengkritisi pemerintah. Terlepas dari kontroversial atau tidaknya sosok satu ini, anda lah yang menilainya. Nah, Kami sarankan anda mesti bijak merespon akan hal ini.

Demikian postingan dari kami, Semoga berharga bagi Anda yang ingin mengenal Jon Riah Ukur Ginting, salah satu sosok trending di dunia maya.

sekian

Comments

Popular posts from this blog

Jejak Sejarah Seni Wayang Wong Surakarta

Koleksi Mainan LOL Surprise yang Menarik

Cara Mengecek Indosat Masih Aktif atau Sudah Kadaluarsa