Sejarah Berdirinya Patung Liberty Di Amerika Serikat

Sejarah Berdirinya Patung Liberty Amerika Serikat

Semua orang di seantero dunia niscaya tahu apa itu Patung Liberty yang berada di Amerika Serikat. Patung  berwarna hijau yang menghunus obor tersebut merupakan lambang keleluasaan atas suatu tirani penjajahan. Sejarah berdirinya patung liberty memiliki suatu keunikan tersendiri, pasalnya bukan timbul dari ide orang amerika serikat, melainkan timbul dari ide warga negara lain. Selain itu pengolahan Patung Liberty juga dikerjakan di negara orang lain.  

Bagaimana dongeng berdirinya Patung Liberty?.

selengkapnya di bawah ini. . .

Patung Liberty merupakan suatu persembahan dari rakyat Perancis terhadap rakyat Amerika Serikat. Patung Liberty diresmikan pada landasan yang kuat. Patung Liberty menjulang dengan ketinggian 305 kaki atau sekitar 93 meter. Di bab kepala patung Liberty menggunakan mahkota berduri. 

Karakteristik dan Makna Simbol di Patung Liberty 

Berat segalanya yakni 225 ton, dan belenggu yang putus pada kakinya melambangkan kemenangan atas tirani atau penjajahan. Pada bab tangan kiri terdapat prasasti yang bertuliskan tanggal 4 Juli 1776 yang tertulis dengan angka-angka romawi. Sedangkan pada tangan kanannya menghunus obor selaku lambang kemerdekaan.

Siapa Pembuat dan Pemilik wangsit Pembuatan Patung Liberty ?

Pada tahun 1865, seorang tokoh perancis, Edouard de Laboulaye menyediakan anjuran terhadap pemerintah Perancis biar memberi suatu kenang-kenangan selaku lambang persahabatan antara kedua negara dan bangsa. Makara boleh dibilang kemerdekaan, yang disebut dengan Patung Liberty menyerupai kini ini.

Proses Pembuatan Patung Liberty. 

Perencanan pembangunan dan penggalangan dana pun mulai dijalankan. Uang untuk membangun monumen Patung Liberty digalang oleh Franco – American Union (Lembaga Persahabatan Amerika, Perancis) di tahun 1875.Kemudian sudah ditentukan pula bahwa Perancis yang mau menghasilkan patung Liberty itu, membawanya serta menegakkannya di dep[an pelabuhan New York nantinya. Sedangkan pihak Amerika cuma akan membangun landasannya. Lalu pada tahun 1882, seorang perancis yang bagus hati serta merta menyumbangkan duit sebanyak satu  juta franc untuk pembuatran patung tersebut.

Sejarah Berdirinya Patung Liberty Amerika Serikat Sejarah Berdirinya Patung Liberty Di Amerika Serikat
Patung Liberty di Amerika Serikat

Mula-mula sekali, Bartholdi mempelajari mengenai model-modelnya. Lalu seseorang memproduksi kedalam perunggu. Dalam proses faktor rekayasa struktur kerangka besi patung dan perakitan direalisasikan oleh Gustave Eiffel (Penggagas Menara Eiffel ) dan dibantu oleh arsitek lain yaitu  Richard Morris Hunt, Eugène Viollet-le-Duc.

Pengerjaan patung dibikin dengan cara bab perbagian. Bahannya merupakan adonan tembaga dan perunggu yang dibentuk  dengan landasan kayu-kayu. Kemudian pada tahun 1884, selesai sudah pengolahan itu. Lalu pada tahun berikutnya, patung itu dikirim melalui maritim ke Amerika Serikat dalam 214 buah kepingan.

Sebuah Panitia penggalang dana di Amerika terbentuk dan menunjuk Fort Wood yang terletak di Bedloe selaku tempatnya (nama Bedloe, pada tahun 1956 diganti menjadi pulau Kemerdekaan oleh konggres).

Pembangunan landasan untuk patung Liberty itu sedikit mengkonsumsi waktu alasannya yakni panitia pada dikala itu mengalami kelemahan dana. Lalu pengolahan landasan gres selesai pada simpulan tahun 1884.  Lalu sehabis dua tahun lalu pada tanggal 28 Oktober 1886 patung itu diresmikan. Patung Liberty diresmikan oleh Grover Cleveland [Presiden Amerika Serikat Ke 22 (1885-1889) dan ke-24 ( 1893-1897) ]

Patung Liberty resmi menjadi monumen Nasional pada tahun 1924. Sedangkan untuk kelestariannya dikerjakan oleh National Park Service Amerika, yakni suatu departemen yang mengurusi perkara keindahan kota. Di bawah patung Liberty terdapat museum imigrasi Amerika Serikat yang ditawarkan bagi siapa pun yang tiba untuk mempelajari mengenai makna suatu kemerdekaan.

Demikian goresan pena ringkas mengenai Sejarah Berdirinya Patung Liberty Di Amerika Serikat. Semoga bermanfaat.

-Sekian-

Sumber: buku 17 kejaiban dunia, PT Aqua Press, 1979
              / Wikipedia/

Comments

Popular posts from this blog

Jejak Sejarah Seni Wayang Wong Surakarta

Koleksi Mainan LOL Surprise yang Menarik

Cara Mengecek Indosat Masih Aktif atau Sudah Kadaluarsa