Serangan Jepang Di Pearl Harbour, Hawaii

Dini hari pada hari minggu, 7 Desember 1941, secara secara tiba-tiba pesawat-pesawat Jepang yang berpangkalan di kapal induk, menyerang pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii. Serangan ini berjalan tanpa adanya pernyataan perang apalagi dahulu, dan disaat masih berlangsungnya tawar menawar antara utusan Jepang dengan pemerintahan Amerika serikat di Washington D.C.

pesawat Jepang yang berpangkalan di kapal induk Serangan Jepang Di Pearl Harbour, Hawaii 
Foto: Penyerbuan Jepang atas Pearl Harbour

Dalam serangan Jepang kepada Pearl Harbour membuat 13 kapal perang tenggelam, 349 pesawat melayang hancur, dan 3000 tentara tewas. Tujuan serangan Jepang kepada Pearl Harbour yaitu untuk mengamankan serangan pokok Jepang ke selatan, merupakan ke Hindia Belanda yang kaya dengan materi strategis yang dikehendaki oleh Jepang,y aitu minyak.

Secara militer , serangan Jepang ke Pearl Harbour merupakan serangan yang berhasil, sebab musnahnya pangkalan tersebut.

Namun secara politik, serangan tersebut merugikan Jepang, sebab Amerika Serikat yang awalnya netral, lalu terlibat sarat dalam perang tersebut dan mengarahkan seluruh kekuatan nasionalnya untuk menjalankan serangan akibat kepada Jepang.

Amerika Serikat menghinpun kembali sisa-sisa kapal perangnya yang sanggup diselamatkan dari serangan Jepang tersebut. Kemudian Amerika mulai menjalankan perlawanan secara gigih di Lautan Pasifik.Guna menjalankan balasan, pasukan Amerika Serikat membentuk pangkalan di Australia dan di pimpin oleh Jenderal Douglas McArthur.

Comments

Popular posts from this blog

Jejak Sejarah Seni Wayang Wong Surakarta

Koleksi Mainan LOL Surprise yang Menarik

Cara Mengecek Indosat Masih Aktif atau Sudah Kadaluarsa