Tips Mencari Kerja Di Job Fair Bagi Fresh Graduate

Apa kabar hadirin semua, biar kebaikan dan keberhasilan senantiasa tercurah untuk kita semua. Dalam potensi kali ini kami akan mengulas tentang Tips mencari kerja di Job Fair bagi Fresh Graduate. Tips ini merupakan rangkuman dari goresan pena pengalaman pribadi salah satu rekan kami yang dahulu pernah mengikuti program Jobfair.  Berikut ulasan selengkapnya>>

 biar kebaikan dan keberhasilan senantiasa tercurah untuk kita semua Tips Mencari Kerja di Job Fair Bagi Fresh Graduate

Mencari kerja setelah lulus kuliah merupakan hal yang pakem terjadi di negeri ini. Bahkan di negera-negara lain pun hal serupa juga banyak terjadi. Baik Pria atau pun perempuan yang berlabel Fresh Graduate niscaya memerlukan pekerjaan.

Ada dua argumentasi fundamental mengapa seorang Fresh Graduate membutuhkan pekerjaan, Pertama, ingin menjangkau berhasil lewat dunia kerja. Kedua, ingin mempraktekkan ilmu yang di sanggup dari dingklik sekolah/kuliah ke dalam dunia kerja yang digeluti. Dalam menapaki dunia kerja masih terbagi dalan dua klasifikasi lagi yakni (1), membuka kerja keras sendiri/wirausaha, (2) Bekerja untuk orang lain/ menjadi karyawan/staff.

Dari dua klasifikasi tersebut pada lazimnya Fresh Graduate di negeri kita menegaskan melakukan pekerjaan untuk orang lain/menjadi karyawan/staff. Minimnya pengalaman tentang dunia kerja ini yang membuat mengapa seorang fresh graduate lebih menegaskan pilihan kedua. Melalui pilihan kedua ini para fresh graduate ingin menyelam sambil minum air, yakni ingin menjangkau berhasil dan memiliki pengalaman sebanyak mungkin untuk menapaki masa depan lebih baik.

Meskipun demikian, aku rasa pilihan nomor (1) juga tidak ada salahnya bagi seorang fresh graduate. Namun mesti menjadi catatan penting bahwa perlu etos kerja dan motivasi yang besar lengan berkuasa bagi semua orang yang ingin berhasil dalam berwirausaha mandiri, tergolong juga bagi seorang Fresh Graduate.

Selanjutnya kami akan mengulas tentang pilihan Kedua, alasannya merupakan pilihan ini tidak mengecewakan banyak ditempuh oleh para fresh graduate. Banyak cara untuk mencari pekerjaan bagi Fresh Graduate, misal mengikuti Job Fair.   

Apa itu Job Fair? 

Job Fair atau bursa kerja merupakan Ajang bertemunya antara perusahaan/intansi/lembaga tertentu selaku pencari tenaga kerja dengan para pelamar kerja atau juga sebaliknya. Acara bursa kerja ini sungguh menguntungkan bagi si Pencari Tenaga Kerja dan bagi si Pencari Kerja, alasannya merupakan mereka berdua sudah dipertemukan dengan mudah dalam program Job Fair tersebut.


Nah, Bagi Anda Freshgraduate yang ingin mencari kerja alangkah baiknya anda merencanakan diri dengan baik sebelum mencari kerja di Job Fair. Apa saja yang mesti dipersiapkan, silahkan anda simak beberapa kiat dan rekomendasi di bawah ini :

[1] Mantapkan Niat. Siapkan diri anda. Pastikan kesehatan tubuh anda prima. Jangan lupa siapkan mental anda dengan baik pula.

[2] Berpakaian rapi dan sopan, tidak perlu berdandan menor pada dikala berkunjung ke job fair, alasannya merupakan performa rapi dan sopan akan memberi nilai tersendiri untuk anda pada dikala wawancara. Karena beberapa perusahaan yang mencari pekerja tidak jarang ada yang pribadi meng-interview anda di kawasan job fair. Penampilan dalam berbusana merupakan cerminan diri kita  !

[3] Buat surat lamaran dengan baik dan benar

[4] Buatlah CV yang menarik, tidak perlu bertele-tele. Bubuhkan atau ceritakan keistimewaan anda, alasannya merupakan akan menjadi analisa tersendiri dari HRD atau petugas lain dalam proses screening CV. Ingat CV mesti dibentuk dengan jujur sesuai dengan kondisi diri kita.

[5] Siapkan standar pendukung lain menyerupai Fotokopi KTP atau identitas semacamnya, foto berwarna 4x6, Map, dll.

[6] Anda bisa mendaftar lebih dari satu pekerjaan, hal ini untuk berjaga-jaga apabila tidak diterima di kawasan yang satu, anda masih memiliki potensi diterima di kawasan kerja lain. Meskipun demikian melamar lebih dari satu kawasan kerja juga bukan tanpa resiko, misal panggilan tes yang berbenturan. banyak menguras tenaga, ongkos dan anggapan dll. Maka dari itu, batasi lamaran pekerjaan sesuai kesanggupan anda  serta pandai-pandailah menyaksikan peluang dan situasi. 
Dan pastikan kawasan kerja yang anda pilih mencantumkan label fresh graduate dalam syarat penerimaan pekerja.

[7] Awali dan akhiri kerja keras anda dengan doa. Serahkan sepenuhnya terhadap Tuhan. Karena rejeki umat insan sudah dikontrol oleh Tuhan YME.

Demikian Tips mencari kerja di Job Fair bagi Fresh Graduate.  Semoga bermanfaat.,
Sekian dan Sukses Selalu Untuk Anda !

Sumber Gambar

Comments

Popular posts from this blog

Jejak Sejarah Seni Wayang Wong Surakarta

Koleksi Mainan LOL Surprise yang Menarik

Cara Mengecek Indosat Masih Aktif atau Sudah Kadaluarsa