Alasan Mengapa Perlu Mengoleksi LEGO Duplo

Dari berbagai macam lego, ada salah satu jenis LEGO yang perlu dikoleksi khusus bagi balita, yakni Lego Duplo?. Lego ini, sangat cocok digunakan untuk anak si kecil yang berusia 5 tahun atau di bawah lima tahun. Pemberian mainan yang tepat, akan membuat anak bisa berkembang lebih pesat.



Mengapa bisa? Karena dengan permainan, anak-anak akan melatih kecakapan atau kemampuan motoriknya. Apalagi dengan menggunakan LEGO, sang anak bisa memiliki pola pikir dan pandangan yang terstruktur. Ini karena metode bermainnya yang harus disusun untuk membentuk suatu bangunan atau bentuk lainnya.

Jika anak terus-menerus bermain LEGO, maka otaknya akan berkembang sesuai dengan apa yang telah dipelajarinya. Selain itu, dia juga akan belajar tentang banyak konsep untuk menyusun sesuatu. Hasilnya, hanya dengan bermain LEGO, otak sang anak bisa berkembang dengan pesat.

Selain beberapa alasan tersebut, ada juga alasan lain, yakni sebagai berikut.

Alasan LEGO Duplo Perlu Dikoleksi

Ada beberapa alasan lain yang tentu saja juga merupakan kelebihan dari LEGO jenis ini. Beberapa di antaranya, akan diulas setelah ini.

1. Ukuran Lebih Besar

Salah satu yang menjadi alasan dan kelebihan dari lego ini adalah ukurannya yang lebih besar jika dibandingkan dengan LEGO reguler atau yang biasa. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi si kecil untuk mempermudah ia memegangnya.

Selain itu, partisi dari LEGO ini memang sangat mudah untuk disusun. Jadi, si kecil akan sangat mudah jika ingin menyusunnya menjadi bentuk apapun.

2. Tidak Akan Tertelan

Manfaat lain yang diberikan adalah LEGO ini tidak akan bisa ditelah oleh sang anak. Sudah diketahui bersama, bahwa balita sering ingin memakan apa saja yang ada di tangannya karena memang ia sedang berada pada fase oral.

Akan tetapi, dengan menggunakan LEGO jenis ini, si kecil tidak akan mudah untuk memasukkannya ke dalam mulut karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan LEGO reguler atau LEGO biasa.

3. Membantu Perkembangan Otak

Ketika si kecil diberikan permainan berdasarkan balok untuk membangun sesuatu, si kecil akan mengaktifkan kemampuan problem solving atau penyelesaian masalah. Selain itu, dengan penggunaan LEGO ini, si kecil akan semakin mengaktifkan imajinasinya untuk membentuk apa saja yang diinginkan dengan balok LEGO.

Tak hanya itu, ia juga akan belajar untuk berkonsentrasi ketika menyusun bangunan yang memang sangat diinginkannya. Dengan ini, yang akan berkembang adalah kemampuan kognitif dari si kecil. Jadi, sangat tepat untuk memberikan anak dengan LEGO jenis ini.

4. Kemampuan Motorik

Selain kognitif, kemampuan motorik dari sang anak juga akan ikut berkembang. Pasalnya, ketika ia akan membongkar atau menyusun LEGO, ia akan menggunakan kedua tangannya. Untuk itu, dia harus menjaga keseimbangan koordinasi antara mata dan juga tangannya untuk menyesuaikan pemasangan balok hingga berbentuk.

Dengan bermain LEGO, sang anak juga akan melatih otot yang ada di tangannya. Dan tentu saja, ini merupakan cara yang efektif untuk membuat anak terbiasa ketika belajar memegang pensil ataupun pulpen ketika belajar menulis.

5. Kreatif

Kelebihan dan alasan lainnya mengapa LEGO ini harus ada di rumah adalah untuk mengasah kreativitasnya. Bukan tak  mungkin jika anak akan sering penasaran dan sering berpikir sendiri untuk membuat apa yang diinginkannya.

Dengan menggunakan LEGO, ia akan menggunakan sel-sel otaknya yang mungkin masih belum aktif untuk bisa merealisasikan apa yang ada dalam imajinasinya. Akan tetapi, pastikan bahwa orangtua tidak akan banyak ikut campur dalam proses perkembangan imajinasinya.

Biarkan ia berkembang dan berkreasi sesuai dengan apa yang diinginkannya..

Itulah beberapa alasan sekaligus kelebihan dari LEGO Duplo jika digunakan untuk anak di rumah. Jadi, jangan ragu untuk memberikan anak mainan LEGO terbaik.

Comments

Popular posts from this blog

Latar Belakang Blog Yang Baik

Jejak Sejarah Seni Wayang Wong Surakarta

Jenis Jenis Reksadana Yang Perlu Kamu Ketahui